PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM MENENTUKAN REKOMENDASI MARKETPLACE E-COMMERCE BERDASARKAN NIELSEN’S USABILITY / Andika Permana / 14187033 / SISTEM INFORMASI / Pembimbing 1 : Julio Warmansyah / Pembimbing II : Binanda Wicaksana

Permana, Andika (2022) PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM MENENTUKAN REKOMENDASI MARKETPLACE E-COMMERCE BERDASARKAN NIELSEN’S USABILITY / Andika Permana / 14187033 / SISTEM INFORMASI / Pembimbing 1 : Julio Warmansyah / Pembimbing II : Binanda Wicaksana. FINKOM - UNBIN, Bogor.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (633kB)
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (798kB)
[thumbnail of BAB II KERANGKA TEORITIS.pdf] Text
BAB II KERANGKA TEORITIS.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III METODOLOGI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN.pdf] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (418kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (339kB)

Abstract

Berbelanja online dewasa ini telah menjadi budaya masyarakat. Kemudahan yang ditawarkan oleh perusahaan marketplace e-commerce menjadi salah satu faktor yang membuat masyarakat lebih memilih berbelanja secara online. Dalam pemilihan marketplace e-commerce, tentunya harus mempertimbangkan aspek yang berpengaruh terhadap proses penggunaannya. Namun saat ini, proses pemilihan marketplace e-commerce belum memiliki dasar acuan yang tepat terkait aspek kegunaannya. Pemilihan yang didasari pendapat ataupun angka kunjungan tidak menjamin bahwa pengguna dapat dengan nyaman menggunakan aplikasi, Oleh karena itu, penerapan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) pada permasalahan ini merupakan metode yang tepat.. Konsep dasar metode AHP adalah penggunaan matriks perbandingan berpasangan untuk menghasilkan bobot relatif antar kriteria dan alternatif. Metode AHP digunakan untuk menghitung alternatif marketplace e-commerce yaitu Bukalapak, Lazada, Shopee, dan Tokopedia. Sementara kriteria yang digunakan adalah Nielsen’s Usability yang mencakup learnability, memorability, efficiency, errors, dan satisfaction. Dari perhitungan tersebut, didapatkanlah hasil Tokopedia sebagai marketplace e-commerce dengan nilai tertinggi. Proses dan hasil perankingan kemudian di-implementasikan dalam sebuah sistem rekomendasi untuk penentuan rekomendasi marketplace e-commerce yang akan membuat proses pemilihan menjadi lebih mudah dan efisien. Sistem tersebut diuji oleh 2 ahli sistem menggunakan ISO 9126 dan memperoleh nilai 85,71% yang berarti layak untuk diimplementasikan. Sementara uji hasil terhadap pengguna menggunakan PSSUQ mendapatkan nilai 94% atau berada pada kategori sangat layak untuk diimplementasikan. Dan hasil perangkingan telah diuji dengan menggunakan perhitungan uji nilai akurasi dan menghasilkan nilai 100%, yang berarti metode AHP dapat digunakan untuk penentuan rekomendasi pemilihan marketplace e-commerce secara tepat.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: marketplace e-commerce, analytical hierarchy process, nielsen’s usability, iso 9126, PSSUQ.
Subjects: W Computer Science > Information Systems
W Computer Science > Decision Support System (DSS)
Depositing User: R. Rizka Nurmala
Date Deposited: 24 Mar 2023 05:22
Last Modified: 24 Mar 2023 05:22
URI: http://finkom.repository.unbin.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item
View Item