Amrinaldi, Muhammad Rizki (2023) PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA PENILAIAN KARYAWAN DIVISI HELPDESK UNTUK REKOMENDASI PROMOSI JABATAN DI PERUSAHAAN LAYANAN INTERNET / Muhammad Rizki Amrinaldi / 14177023 / Pembimbing I : Irmayansyah / Pembimbing II : Syafrial. FINKOM - UNBIN, Bogor.
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Download (762kB)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (746kB)
BAB II KERANGKA TEORITIS.pdf - Published Version
Download (1MB)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN.pdf - Published Version
Download (1MB)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (291kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (392kB)
Abstract
Penilaian helpdesk ditujukan untuk rekomendasi promosi jabatan pada perusahaan layanan internet. Saat ini penentuan yang berjalan masing mengalami masalah yaitu hasil yang diperoleh masih diputuskan kepada atasan bukan dari pertimbangan penilaian yang telah dilakukan dan hasil ini tanpa disertai alasan yang jelas. Penilaian ini masih menggunakan proses yang panjang dengan mengolah data-datanya menggunakan ms. excel serta proses penentuan helpdesk terbaik ini memakan sumber daya waktu yang lebih lama dalam memutuskan siapa helpdesk terpilih. Hal ini ditambah juga dengan tidak adanya bobot dari setiap kriteria yang dipakai dalam penilaian yang berjalan sehingga penentuan menjadi semakin kurang tepat dan efektif. Maka dari itu pada penelitian ini dibuatlah sebuah sistem pendukung keputusan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) agar mempermudah serta meningkatkan keefektifan dan ketepatan penentuan helpdesk terbaik berdasarkan kriteria-kriteria dan bobot penilaian yang ditentukan. Adapun kriteria beserta bobot yang digunakan adalah Jumlah Order (JO), Appraisal 1 (AS1), Appraisal 2 (AS2), Appraisal 3 (AS3), Nilai Kerja Individu 1 (NKI1), Nilai Kerja Individu 2 (NKI2) dan Nilai Kerja Individu 3 (NKI3) yang masing-masing mempunyai bobot sebesar 40%, 6%, 11%, 13%, 6%, 11% dan 13%. Berdasarkan hasil penelitian maka didapatkan bahwa helpdesk KZS memiliki peringkat pertama dengan nilai hasil perhitungan metode SAW sebesar 78,88 dilanjutkan dengan helpdesk ANL dan EYP di peringkat 2 dan 3 dengan nilai 77,25 dan 74,95. Yang artinya terdapat perubahan dari hasil penentuan helpdesk terbaik. Dalam penelitian ini telah dilakukan uji kelayakan pada aplikasi yang dibuat, dengan nilai kelayakan sebesar 100% untuk uji ahli sistem dan 94,64% untuk uji pengguna, yang berarti aplikasi sangat layak untuk diimplementasikan dan efektif. Nilai pengukuran dalam penentuan helpdesk menjadi lebih tepat dikarenakan pada uji hasil mendapatkan nilai sebesar 0,62 dan berada pada kategori tinggi/kuat, hal tersebut dikarenakan sistem memiliki perubahan yang baik antara sebelum dan sesudah menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW).
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bobot kriteria, Kriteria, Ketepatan penentuan, Keefektifan proses, Promosi, Penentuan helpdesk terbaik, Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting. |
Subjects: | W Computer Science > Decision Support System (DSS) |
Depositing User: | R. Rizka Nurmala |
Date Deposited: | 10 Jun 2023 05:49 |
Last Modified: | 10 Jun 2023 05:49 |
URI: | http://finkom.repository.unbin.ac.id/id/eprint/233 |