PENERAPAN APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE (API) UNTUK NOTIFIKASI TIKET GANGGUAN INTERNET MELALUI APLIKASI CHATTING / Muhamad Gilang Maulana / 15180044 / Pembimbing I : Binanda Wicaksana / Pembimbing II : Hudori

Maulana, Muhamad Gilang (2022) PENERAPAN APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE (API) UNTUK NOTIFIKASI TIKET GANGGUAN INTERNET MELALUI APLIKASI CHATTING / Muhamad Gilang Maulana / 15180044 / Pembimbing I : Binanda Wicaksana / Pembimbing II : Hudori. FINKOM - UNBIN, Bogor.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (490kB)
[thumbnail of BAB II KERANGKA TEORITIS.pdf] Text
BAB II KERANGKA TEORITIS.pdf - Published Version

Download (645kB)
[thumbnail of BAB III METODOLOGI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN.pdf] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN.pdf - Published Version

Download (654kB)
[thumbnail of BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (348kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (485kB)

Abstract

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengelola data dan informasi, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun dan menyimpan dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu. Informasi merupakan hal yang sangat penting. Beberapa perusahaan tentunya memiliki data dan informasi yang sangat beragam serta jumlah yang sangat banyak. Dalam mengontrol informasi data keluhan pelanggan perusahaan sudah memiliki sistem yang bisa memonitoring data tersebut terutama untuk tiket data keluhan pelanggan. Seiring berjalannya waktu pasti terjadi suatu tiket gangguan yang nantinya tidak termonitoring akan mengakibatkan terputusnya konektifitas jaringan milik pelanggan yang dapat merugikan kedua belah pihak, penyebabnya adalah informasi tiket gangguan tidak disampaikan ke teknisi bahwa ada pelanggan yang mengalami permasalahan gangguan internet. Hal ini disebabkan karena belum efektifnya proses penyampaian informasi tiket gangguan internet kepada petugas lapangan yang belum ditentukan berdasarkan wilayahnya. Dalam penelitian ini dibuat sebuah prototype untuk menjadi solusi atas permasalahan yang ada. Salah satu cara yang dapat membantu pihak perusahaan adalah memberikan informasi laporan gangguan dan progres yang dapat diterima oleh teknisi secara real time yaitu dengan adanya sistem monitoring berbasis web service dan bot telegram sebagai notifikasi gangguan internet dengan menerapkan Application Programming Interface (API) dan aplikasi chatting yaitu Bot Telegram sebagai penerima notifikasi dan informasi tujuan nya untuk mengoptimalkan pemberitahuan informasi tiket gangguan internet sehingga bisa dilakukan secara efektif. Sudah dilakukan uji kelayakan pada prototype yang dibuat, dengan nilai kelayakan sebesar 81% yang bermakna prototype yang dibuat sangat layak serta sudah dilakukan uji akurasi menggunakan Metode Field Observation menunjukan hasil bahwa prototype sangat efektif.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi, Application Programming Interface (API), gangguan internet, tiket.
Subjects: W Computer Science > Informatics
W Computer Science > Mobile Computing
W Computer Science > Web Based
Depositing User: R. Rizka Nurmala
Date Deposited: 30 Jan 2023 10:48
Last Modified: 30 Jan 2023 10:48
URI: http://finkom.repository.unbin.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item
View Item