Ismail, Iip Arip (2019) PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK PENENTUAN PEMENANG LOMBA PERPUSTAKAAN DI DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN BOGOR / IIP ARIP ISMAIL / 14157052 / Pembimbing I : Lis Utari / Pembimbing II : Irmayansyah. FINKOM - UNBIN, Bogor.
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Download (908kB)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (591kB)
BAB II KERANGKA TEORITIS.pdf - Published Version
Download (964kB)
BAB III MODEL PENELITIAN.pdf - Published Version
Download (829kB)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (347kB)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version
Download (374kB)
Abstract
Makalah ini membuat tentang masalah dalam meningkatkan kualitas layanan serta pengembangan perpustakaan seKabupaten Bogor yaitu dengan memiliki perpustakaan yang berstandar Nasioanl (SNP) sehingga untuk memperoleh itu dinas Arsip dan perpustakaan kab Bogor rutin setiap tahun mengadakan lomba perpustakaan. Pokok permasalahan dalam pengembangan ini adalah belum efektif dan belum tepat dalam menentukan pemenang lomba perpustakaan dan tujuan dalam pengembangan ini adalah :
1) Mendapatkan pemenang lomba yang tepat, 2) Proses penentuan pemenang jadi lebih efektif, 3) Membuat aplikasi Untuk Penentuan Pemenang Lomba, 4) Mengukur ketepatan dan efektifitas penentuan pemenang lomba perpustakaan. Metode yang digunakan dalam aplikasi adalah metode SAW (Simple Additive Weighting). Pelaksanaan pengembangan ini
menggunakan metode prototyping, adapun langkah-langkahnya : 1) Mengumpulkan dan menganalisis kebutuhan, 2) Melakukan perancangan cepat, 3) Membangun prototype, 4) Evaluasi dilakukan oleh konsumen atas prototype, 5) Perubahan rancangan prototype, 6) Apabila pelanggan kecewa dengan prototype yang telah dibangun, ulangi langkah 5, dan 6,
7) Apabila pelanggan puas terhadap prototype yang telah dibangun, pengembangan produk berskala besar dapat dimulai. Hasil pengembangan menunjukan bahwa : 1) Pada hasil perhitungan di dalam sistem penentuan pemenang lomba perpustakaan, nilai akhir terbaik dalam perangkingan berdasarkan pada kriteria yang telah ditentukan sistem menggunakan perhitungan dengan metode SAW (Simple Additive Weighting) dapat melakukan perangkingan pada tiap-tiap alternatif dengan lebih efektif dan menghasilkan urutan terbaik yang akan dipilih sebagai pemenang lomba perpustakaan, 2) Aplikasi yang dibuat dapat menghasilkan dan juga mengumumkan secara online pemenang lomba perpustakaan
berdasarkan urutan dari yang paling terbaik, yaitu: 1. SMPN 2 Cibinong (11,61), 2. SD AL Azhar Syifa Budi (10,45), 3. SMPI AL Azhar 28 (9,16), 4. SMPN 1 Ciawi (7,53), 5. SMPN 1 Tamansari (7,2), 3) Hasil perhitungan skor rata-rata yang dilakukan dengan kuesioner masuk dalam kategori excellent. Skor rata-rata SUS (System Usability Scale) yang didapat
yaitu 85,6 yang artinya secara usability atau kegunaan maka aplikasi penentuan pemenang lomba perpustakaan dapat diterima atau layak.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SAW, lomba perpustakaan, metode prototype, system usability scale (SUS). |
Subjects: | W Computer Science > Information Systems W Computer Science > Web Based W Computer Science > Database Design W Computer Science > Decision Support System (DSS) |
Depositing User: | R. Rizka Nurmala |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 06:59 |
Last Modified: | 15 Jan 2022 06:17 |
URI: | http://finkom.repository.unbin.ac.id/id/eprint/31 |