PENERAPAN METODE C4.5 UNTUK PREDIKSI PRESTASI AKADEMIK SISWA DI SEKOLAH DASAR / Muhamad Recki Naufal Legowo / 14170018 / Pembimbing I : Lis Utari / Pembimbing II : Hardi Jamhur

Legowo, Muhamad Recki Naufal (2021) PENERAPAN METODE C4.5 UNTUK PREDIKSI PRESTASI AKADEMIK SISWA DI SEKOLAH DASAR / Muhamad Recki Naufal Legowo / 14170018 / Pembimbing I : Lis Utari / Pembimbing II : Hardi Jamhur. FINKOM - UNBIN, Bogor.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (748kB)
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (619kB)
[thumbnail of BAB II KERANGKA TEORITIS.pdf] Text
BAB II KERANGKA TEORITIS.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (881kB)
[thumbnail of BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (215kB)
[thumbnail of DAFTAR RUJUKAN.pdf] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (301kB)

Abstract

Untuk mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas karena pembelajaran salah satu pengaruh terhadap keberhasilan setiap siswa dalam prestasi akademik. Keberhasilan setiap siswa sangat mencerminkan kualitas sekolah. Perbedaan kemampuan yang dimiliki oleh setiap siswa dapat mengalami penurunan dalam prestasi akademik sehingga berpotensi menimbulkan masalah yaitu menurunkan mutu pembelajaran, mutu prestasi, dan akreditasi sekolah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan algoritma c4.5 ke dalam sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk memprediksi prestasi akademik siswa SDIT Hikmatus Sholawat, dengan variabel nilai pengetahuan, nilai keterampilan, sikap, dan kehadiran. Dengan menerapkan metode tersebut penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan prediksi prestasi akademik siswa yang lebih akurat dan efektif sehingga berdasarkan informasi tersebut wali kelas dapat melakukan evaluasi, tindakan atau langkah-langkah antisipasi. Jadi pada penelitian ini sudah dilakukan uji kelayakan, dengan nilai kelayakan sebesar 81, 91 %, dan juga sudah dilakukan uji akurasi dengan menggunakan rumus confussion matrix dengan hasil akurasi 72,46%.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Prediksi Prestasi Akademik Siswa Di Sekolah Dasar, Algoritma C4.5, Klasifikasi, Nilai Pengetahuan, Nilai Keterampilan, Kehadiran, Sikap.
Subjects: W Computer Science > Data Mining
Depositing User: R. Rizka Nurmala
Date Deposited: 07 Jun 2023 09:02
Last Modified: 07 Jun 2023 09:02
URI: http://finkom.repository.unbin.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item
View Item