PENERAPAN METODE ALGORITMA C4.5 UNTUK PREDIKSI HASIL PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA / Syahla Nabila Nurrizta / 14180044 / PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI / Pembimbing I : Irmayansyah / Pembimbing II : Mochamad Sanwasih

Nurrizta, Syahla Nabila (2022) PENERAPAN METODE ALGORITMA C4.5 UNTUK PREDIKSI HASIL PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA / Syahla Nabila Nurrizta / 14180044 / PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI / Pembimbing I : Irmayansyah / Pembimbing II : Mochamad Sanwasih. FINKOM - UNBIN, Bogor.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (332kB)
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (429kB)
[thumbnail of BAB II KERANGKA TEORITIS.pdf] Text
BAB II KERANGKA TEORITIS.pdf - Published Version

Download (698kB)
[thumbnail of BAB III METODOLOGI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN.pdf] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN.pdf - Published Version

Download (691kB)
[thumbnail of BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (128kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (330kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha membina atau mengembangkan kepribadian manusia baik dibagian rohani atau dibagian jasmani. Prestasi belajar adalah istilah dari sebuah tingkat
kemanusiaan yang dimiliki siswa dalam menerima, menolak dan menilai informasi yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. Prestasi belajar seseorang dapat dilihat dari
tingkat keberhasilan sesuatu dalam mempelajari materi pelajaran yang diberikan dalam bentuk nilai atau raport setiap bidang studi setelah mengalami proses belajar. Proses
penentuan prestasi belajar pada siswa SMP selama ini hanya dapat dilihat dari cara belajar siswa-siswa saja tanpa adanya melihat aspek yang lainnya. Hal tersebut dinilai
kurang efisien karena prediksi penurunan prestasi belajar siswa hanya melihat dari cara siswa belajar saja. Pada penelitian ini dibuat sebuah aplikasi yang dapat memprediksi
prestasi belajar siswa yang meningkat atau menrun, agar pihak sekolah tidak lagi melakukan prediksi secara manual dalam memprediksi prestasi belajar siswa yang berkategori meningkat atau menurun dengan menggunakan Algoritma C4.5. Didalamnya diterapkan variabel-variabel seperti Presensi, Pengerjaan Tugas, Pemahaman Materi, Hasil Ujian Akhir, dan Hasil Akhir. Sudah dilakukan uji kelayakan pada aplikasi yang dibangun, dengan nilai kelayakan sebesar 84,25% yang bermakna aplikasi yang dibangun sangat layak dan juga sudah dilakukan uji akurasi dengan menggunakan rumus Confusiion Matrix dengan hasil akurasi 83,33%.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Prediksi, Prestasi belajar, Algoritma C4.5, Confusion Matrix, Uji kelayakan
Subjects: W Computer Science > Data Mining
W Computer Science > Information Systems
Depositing User: R. Rizka Nurmala
Date Deposited: 03 May 2023 07:27
Last Modified: 03 May 2023 07:27
URI: http://finkom.repository.unbin.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item
View Item