Adani, Siti Amalina (2022) PENERAPAN METODE ALGORITMA C4.5 UNTUK PREDIKSI KETERCAPAIAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN DI SEKOLAH DASAR / Siti Amalina Adani / 14180043 / SISTEM INFORMASI / Pembimbing I : Irmayansyah / Pembimbing II : Mochamad Sanwasih. FINKOM - UNBIN, Bogor.
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Download (181kB)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (139kB)
BAB II KERANGKA TEORITIS.pdf - Published Version
Download (386kB)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN.pdf - Published Version
Download (388kB)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (8kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB)
Abstract
Salah satu prinsip penilaian pada kurikulum berbasis kompetensi seperti halnya Kurikulum 2013 adalah menggunakan acuan kriteria, yaitu menetapkan kriteria tertentu dalam penentuan kelulusan peserta didik. Kriteria tersebut dinamakan Kriteria Ketuntasan Minimal atau KKM. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan bahwa peserta didik telah mencapai ketuntasan belajar. Penetapan kriteria ketuntasan minimal (KKM) belajar merupakan tahapan awal pelaksanaan penilaian hasil belajar sebagai bagian dari langkah pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum berbasis kompetensi yang menggunakan acuan kriteria dalam penilaian, mengharuskan pendidik dan satuan pendidikan menetapkan kriteria minimal yang menjadi tolak ukur pencapaian kompetensi. Penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setiap sekolah memiliki
penilaian tersendiri dalam penetapannya. Ada sekolah yang menetapkan KKM yang tinggi dengan tujuan agar peserta didiknya memiliki nilai akhir yang memuaskan. Ada juga sekolah yang menetapkan standar KKM itu berdasarkan standar kemampuan peserta didik yang ada. Bagi sekolah yang menetapkan KKM yang tinggi, sekolah tersebut mengharapkan bahwa semua peserta didiknya dapat mencapai nilai KKM
tersebut. Tetapi semakin tingginya KKM akan menimbulkan kesulitan tersendiri bagi peserta didik untuk mencapainya.Pada penelitian ini dibuat sebuah aplikasi yang dapat memberikan rekomendasi ketercapaian kemampuan siswa dalam mengikuti mata pelajaran Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nilai pkn, nilai
bahasa indonesia,nilai matematika,nilai ipa,nilai ips dan nilai bahasa sunda. Dengan menggali data-data yang sudah ada maka akan diperoleh suatu pengetahuan baru yang dapat dijadikan suatu pola keputusan dalam mendapatkan prediksi ketercapaian kemampuan siswa yang tepat. Dari pohon keputusan inilah akan diambil pengetahuanpengetahuan baru berupa rule-rule atau aturan-aturan yang akan dijadikan pola
keputusan. sehingga apabila ada perubahan data di masa yang akan datang maka akan mudah untuk melakukan pembaharuan pola keputusan yang baru. Diperoleh hasil presentase kelayakan ahli sebesar 100% dan di interpretasikan sangat layak sedangkan untuk hasil presentase kelayakan pengguna sebesar 85%, maka terkait aplikasi yang dibuat dapat dikategorikan kedalam interpretasi sangat layak. Dan juga sudah dilakukan uji akurasi dengan menggunakan confussion matrix dengan hasil akurasi 86%.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prediksi, Rekomendasi Ketercapaian Kemampuan Siswa, Algoritma C4.5, Confusion Matrix, Presentase Kelayakan |
Subjects: | W Computer Science > Data Mining W Computer Science > Information Systems |
Depositing User: | R. Rizka Nurmala |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 08:50 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 08:50 |
URI: | http://finkom.repository.unbin.ac.id/id/eprint/207 |