Saputra, Arya (2022) PENERAPAN METODE NAÏVE BAYES UNTUK PREDIKSI KETERCAPAIAN NILAI KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) SISWA DI SEKOLAH DASAR / Arya Saputra / 14180026 / SISTEM INFORMASI / Pembimbing I : Lis Utari, S.Kom / Pembimbing II : Derman Janner Lubis. FINKOM - UNBIN, Bogor.
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Download (692kB)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (443kB)
BAB II KERANGKA TEORITIS.pdf - Published Version
Download (959kB)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN.pdf - Published Version
Download (735kB)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (297kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (306kB)
Abstract
Dalam dunia pendidikan sekarang ini nilai menjadi salah satu penentu ketercapain nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) siswa. Adanya nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setiap mata pelajaran merupakan salah satu muatan penting Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menjadi acuan bersama antara pendidik, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Masalah yang muncul yang berhubungan dengan ini adalah banyaknya siswa yang tidak tuntas pada mata pelajaran tertentu. Maka sekolah harus melakukan sebuah tindakan untuk mengatasi banyak siswa yang tidak tuntas seperti memberikan pelajaran tambahan atau menata penempatan tempat duduk siswa. Dengan informasi yang dihasilkan dapat membantu sekolah dalam memprediksi siswa yang tidak tuntas. Pada penelitian ini dibuat sebuah aplikasi yang dapat memberikan prediksi ketuntasan nilai kkm siswa untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam prediksi ketuntasan nilai kkm siswa dengan menerapkan metode Naive Bayes. Variabel-variabel yang digunakan yaitu nilai penilaian harian (PH), nilai penilaian tengah semester (PTS) dan nilai penilaian akhir semester (PAS). Hal ini dilakukan agar guru yang menghitung nilai siswa tidak membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak salah menghitung nilai siswa. Diperoleh hasil presentase kelayakan ahli sebesar 100% dan di interpretasikan sangat layak sedangkan untuk hasil presentase kelayakan pengguna sebesar 71,7%, maka terkait aplikasi yang dibuat dapat dikategorikan kedalam interpretasi layak. Dan juga sudah dilakukan uji akurasi dengan menggunakan confussion matrix dengan hasil akurasi 96,43%.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Naïve Bayes, Sekolah, Prediksi, KKM, Ketuntasan, Klasifikasi, Confussion Matrix |
Subjects: | W Computer Science > Data Mining W Computer Science > Information Systems |
Depositing User: | R. Rizka Nurmala |
Date Deposited: | 25 Mar 2023 07:09 |
Last Modified: | 25 Mar 2023 07:09 |
URI: | http://finkom.repository.unbin.ac.id/id/eprint/171 |